Jumat, 25 Desember 2009

Melatih Power Tendangan Dengan Sansak



Setelah menguasai Latihan Dengan Target (penjelasan lebih lanjut klik a new tab di sini) sekarang berlatihlah menggunakan sansak. Untuk berlatih dengan sansak, ada baiknya meminta bantuan partner kita untuk memegang sansak tersebut. Bisa juga tanpa bantuan partner. Latihan dengan sansak berfungsi membentuk power tendangan kita, karena rawan cedera, sebaiknya lakukan pemanasan yang optimal sebelum berlatih.

Untuk kondisi sansak diam (pasif) mulailah melakukan tendangan Dollyochagi, porsinya sama seperti latihan menggunakan target, jumlah tendangan kanan harus lebih banyak dari jumlah yang kiri, jika kamu kidal maka sebaliknya. Fungsinya agar kedua kakimu dapat menendang sama kerasnya. Untuk penjelasan lebih lanjut, klik a new tab di sini.

Setelah itu, variasikan tendangan Dollyochagi tersebut dengan Step Taekwondo, misalnya step 1 maju atau step mundur, atau chin step (ganti kaki) dilanjutkan dengan Dollyochagi.

Berikutnya, jika sudah menguasai sansak yang pasif, belajarlah menendang sansak dalam kondisi bergerak (aktif). Gerakan sansak bisa maju mundur, atau ke samping kiri kanan.

Dorong sansak sehingga bergerak maju mundur, perhitungkan timing yang pas dalam menendang. Tendangan yang bisa dipakai adalah Dollyochagi, Mat Badat Dollyochagi, dan Twio Dwichagi. Ingat, ini dibutuhkan timing yang akurat dalam menendang.

Berikutnya dorong sansak sehingga bergerak ke samping kiri kanan, tendangan yang bisa dipakai adalah Dollyochagi, Mat Badat Dollyochagi, Narrae Chagi, dan Dolkechagi (spin).

Dorongan sansak bisa disesuaikan dengan yang kita ingini. Jangan terburu-buru melakukan berbagai teknik di atas. Selesaikan satu teknik dengan baik terlebih dahulu, baru lanjut ke teknik berikutnya.

Selalu konsultasi dengan pelatih agar latihanmu dapat terkontrol dan efektif.

Setelah menguasai latihan dengan sansak, belajarlah berlatih dengan hugo (hugo practice). Untuk penjelasan lebih lanjut klik a new tab di sini.

Mau tau program latihan mental untuk atlet Taekwondoin, bisa klik di sini.


==hanny==

Posting Komentar

Agen Allianz di Yogyakarta

hannysuzuki.com