Kamis, 31 Desember 2009

Apa itu Kukkiwon?





Sering kita dengar Dan 1 Nasional, Dan 1 Kukkiwon, Dan 2 Nasional, Dan 2 Kukkiwon, Dan Lain-lain =p. Lalu bedanya apa?

Dan Kukkiwon itu berarti tingkatan Dan kita diakui di dunia internasional, dan berlaku di seluruh dunia, sedangkan Dan Nasional hanya berlaku di Indonesia. Dan Kukkiwon akan memperoleh sertifikat resmi (semacam lisensi) dari Kukkiwon. Sama seperti kartu kredit, harus mendapat sebuah lisensi yang diakui di dunia Internasional seperti harus adanya label Visa atau Mastercard di kartu kredit kita, jika tidak terdapat lisensi tersebut, maka kartu kredit kita tidak dapat digunakan di luar negeri dan tidak berguna. Sama halnya dengan sertifikat Kukkiwon.


Sejarah Singkat Kukkiwon

Pada era tahun 1965 sampai 1970 an Taekwondo diakui sebagai disiplin / program resmi oleh Pertahanan Nasional Korea , menjadi olahraga wajib bagi tentara dan polisi. Tentara Korea yang berpartisipasi dalam perang Vietnam dibekali keahlian Taekwondo, pada saat itulah Taekwondo mendapatkan perhatian besar dari dunia. Nilai lebih ini menjadikan Taekwondo dinyatakan sebagai olahraga nasional Korea.

Pada tahun 1972, Kukkiwon didirikan, sebagai markas besar Taekwondo, hal ini menjadi penting bagi pengembangan Taekwondo ke seluruh dunia. Kejuaraan dunia Taekwondo yang pertama diadakan pada tahun 1973 di Kuk Ki Won,Seoul ,Korea Selatan, sampai saat ini kejuaraan dunia rutin dilaksanakan setiap 2 tahun sekali.

Disamping itu , untuk meningkatkan kualitas Instruktur Taekwondo diseluruh dunia, Kukkiwon membuka Taekwondo Academy, yang mulai tahun 1998 telah membuka program pelatihannya bagi Instruktur Taekwondo dari seluruh dunia. Kuk Ki Won, menjadi pusat penelitian dan pengembangan Taekwondo, Pelatihan para Instruktur , sekretariat promosi ujian tingkat internasional.

Mau tau perbedaan ITF dan WTF? Klik di sini…





Contoh Sertifikat Dan Nasional

















Contoh Sertifikat Dan Kukkiwon

















Contoh Kartu Anggota Dan Kukkiwon







Salam Taekwondoin




==hanny==

Posting Komentar

Agen Allianz di Yogyakarta

hannysuzuki.com