Minggu, 29 November 2009

Bangga Indonesia



Bangga Indonesia


Artikel ini berkaitan dengan partisipasi saya dalam Kompetisi Website Kompas MuDA – KFC yang saya lihat di www.mudaers.com, bertema Bangga Indonesia”. Bangga Indonesia adalah salah satu dari ungkapan rasa cinta kita terhadap tanah air kita. Meskipun Indonesia akhir-akhir ini banyak mendapat sorotan dari seluruh dunia mengenai isu-isu negatif yang sedang marak di tanah air kita. Tapi apapun itu, kita sebagai anak muda haruslah tetap bangga terhadap bangsa kita sendiri. Bangga terhadap semua sisi positif dari bangsa kita, dan tetap berjuang demi bangsa dan negara.


Ingat, para anak muda sukses menggulingkan kekuasaan Orde Baru pada tahun 1998. Meskipun harus bertaruh nyawa, kita mampu membuat bangsa ini selangkah lebih maju. Rasa bangga dan cinta tanah air lah yang membuat “kakak-kakak” mahasiswa kita berjuang. Bukan dengan senapan, bukan dengan bambu runcing, hanya berupa tekad dan kesatuan hatilah mereka berjuang.


Bangga terhadap Indonesia, membuat para pejuang kemerdekaan dan pejuang reformasi tidak kecewa telah mempertaruhkan nyawanya untuk kemerdekaan Indonesia.


Lalu bagaimana cara kita untuk bangga terhadap negeri kita sendiri?


Mulailah dari hal yang kecil terlebih dahulu. Pakailah produk-produk Indonesia, cintai bahasa persatuan kita, hormati perbedaan di antara kita, berdoa bagi bangsa dan Negara, dan sebagainya. Seringkali kita tidak menyadari bahwa kita sudah semakin menjauh dari rasa bangga terhadap Indonesia. Dengan bangganya kita memamerkan sepatu kita yang bermerk “luar” pada teman-teman kita, seringkali kita mencampur-campur bahasa Indonesia dengan bahasa “luar” agar dinilai sebagai orang “terpelajar”, seringkali kita terlalu fanatik terhadap agama, suku, budaya, dan golongan kita, dan menganggap golongan kita paling superior (fanatik sempit), dan kita seringkali lupa mendoakan bangsa dan negara kita sendiri, kita terlalu sibuk berdoa demi kepentingan pribadi kita sendiri.


Bangga Indonesia, berarti mencintai sepenuhnya apa yang ada dalam Indonesia.

Mencintai semua perbedaan kita (jangan sampai kerusuhan Mei 1998 terulang kembali). Ingat, Tuhan menciptakan manusia berbeda-beda untuk saling mengasihi, dan saling mengisi kekurangan satu sama lain. Mencintai semua budaya di Indonesia dan ikut melestarikannya. Jangan sampai budaya kita “punah”, atau “dicuri” negara lain.


Bangga Indonesia, berarti mementingkan kepentingan bangsa, daripada kepentingan diri sendiri.

Jika kita mampu mementingkan kepentingan bangsa daripada kepentingan pribadi, maka tidak akan terjadi lagi korupsi, penebangan hutan secara liar, perusakan lingkungan hidup, pemburuan hewan yang dilindungi Negara, pembajakan VCD porno, terorisme, dan lain sebagainya. Belajarlah untuk mengesampingkan kepentingan pribadi kita, agar bangsa ini akan disebut negara yang maju, bukan disebut negara yang berkembang terus-menerus.


Bangga Indonesia, berarti berjuang demi kemajuan bangsa.

Berjuang demi kemajuan bangsa, tidak harus memakai senjata, bahkan melakukan aksi bom bunuh diri. Berjuanglah dengan damai, lawanlah Narkoba, lawanlah kemiskinan, lawanlah kebodohan, lawanlah HIV AIDS, lawanlah pengangguran, dan lawanlah semua yang mengancam keutuhan bangsa dan negara kita.


Mungkin masih banyak lagi yang dapat kita lakukan untuk menjadi seorang yang bangga terhadap Indonesia. Sudahkah kita belajar untuk melakukannya?



==hanny==

36 komentar:

Endra mengatakan...

Hiduplah Indonesia Raya....

vienka mengatakan...

Sebenar nya saya sedang sedih melihat keadaan negara ini yang morat marit ... tapi mau bagaimana lagi sebagai bangsa negara yang baik ya harus bangga dan menjunjung tinggi negara nya sendiri :)

Johnson Manurung mengatakan...

BRI bangga dengan tulisan Anda, hal yang sudah lama hilang dari generasi muda. Semoga tulisan ini dapat membangkitkan kebanggaan sebagai Bangsa Indonesia.
.
Terus berkreasi dan tetap Semangat
Salam sukses

Herman Sahari mengatakan...

Lebih baik disini, rumah (negeri) kita sendiri..segala nikmat dan anugerah Yang Kuasa...semuanya ada disini...

Baguuus banget postingannya...sukses selalu..

PenaAksi.com mengatakan...

keren2..tulisa yang sungguh bagus..dan berisi

bliyanbayem mengatakan...

ya, benar banget apa yang mas hanny bilang. rasa bangga akan Indonesia memang sedikit berkurang dan ini harus segera kita perbaiki bersama. jangan sampai nanti kita tidak punya jati diri.

masterGOmaster mengatakan...

sebagai anak bangsa memang seharusnya bangga pada indonesia...bagus mas hanny artikelnya.makasih

FATIH'S BLOG mengatakan...

listened people

tito mengatakan...

bener banget sob, kita yang terlahir dan besar di Indonesia harus bangga menjadi warga negara indonesia, siapa lagi yang akan mampu mengangkat nama baik Indonesia kalau bukan rakyatnya sendiri.

dengan memulai dari sendiri kemudian semua orang Indonesia pasti tergerak untuk mengangkat citra baik Indonesia di seluruh dunia.

dan saya bangga bisa memberi komentar di blogger Indonesia ini, terus berkarya, wah maaf kepanjangan, thanks :)

onny mengatakan...

posting yang bagus sob...

Miawruu mengatakan...

ya, agar bangsa kita bisa bngkit adalah dimulai dari rasa cinta negara. Tapi hanya generesi muda aja, dari berbagai tingkatan generasi. Apalagi yg banyak memimpin negara kita skrg adalah generasi tua yg notabene penjabat2 negara yg malah menjualm aset2 negara dan kekayaan negara hanya untuk kepentingan pribadi dan keluarganya. Dan apa yg tersisa bagi generasi muda? Hutang dan hutang serta kemiskinan karena aset negara kita udah abis terjual.

Karena hutang dan kemiskinan inilah di kuatirkan akan memicu sifat self center ego terhadap generasi muda spt yg dilakukan para generasi tua sebelumnya.

Soo jika ingin memajukan bangsa, perlu kesadaran dan upaya dari segala generasi, terutama generasi tua sbg contoh teladan. Kalo ga, kayak lingkaran setan aja, budaya ga cinta negara bahkan mengorbankan negara untuk kepentingan pribadi dan kelompok akan diwariskan kpd generasi muda di bawahnya.

cari uang mengatakan...

Wah nasionalis juga nih... patut dapet acungan jempol

Unknown mengatakan...

tetap optimis dan harus bangga trhadap negara sendiri dan ykinlah suatu saat akan menjadi lebih baik..

Secret® mengatakan...

mangtabs! tetap belajar menjadi blogger yang baik pun pasti akan membanggakan.

do the best!

KOKODA mengatakan...

Hallo my frend.. kokoda datang niii... sepertinya Banner kublm di pasang yaaa....

Ly_Le2 mengatakan...

tukeran banner yuk,,, aq tunggu konfirmasinya ya,,,banner mua aq dah pasang,,, coba cek aja,,, thx,,,

Anonim mengatakan...

annyong haseyo...

Photon mengatakan...

Salam taekwondo !

alkatro mengatakan...

goood posting.. maju terus Indonesiaku... semangat :)

desti mengatakan...

simple blog...
but cool...
keep blogging pal!!!
visit and comment me back...
Thanks

ina mengatakan...

ina jg bangga jdi warga indonesia...
kontest kan??? good luck...

article mengatakan...

nice blog....keep blogging my friend...

article mengatakan...

wah mantep nih bro...keep blogging..thxs

Lina Marliana mengatakan...

Aku bangga Indonesia, tapi ga semuanya... Coz ulah para petinggi yg korupsi mana bisa dibanggakan ?!

Unknown mengatakan...

Aku bangga Indonesia, tapi ga semuanya.. Coz banyak pejabat tinngi yang korupsi, mana bisa disebut membaggakan Indonesia ?!

bali mengatakan...

Anchor text sdh terpasang tp maaf blogku tdk di setting u/ tukeran banner jd aq pki anchor teks "Taekwondo Indonesia" (harap maklum ya), disamping itu dr segi SEO anchor text lebih baik drpd anchor banner.
BTW, mohon diganti anchor teks-ku dg "BALI" dan bukan tour-toindonesia.blogspot.com

Makasih.

wawan mengatakan...

Saya bangga menjadi Rakyat INDONESIA namun saya tidak bangga dengan aparat penyelenggara Negara yang mata duita ... mental tempe !

Bang Ancis mengatakan...

Hmmm aku prbadi sich berbangga sekali Sob, hanya saja sekarang ini yang aku lihat rasa Nasionalisme seakan sudah pudar tuh......


Salam Kenal, aku dah add FB-mu tuh...

Firman mengatakan...

lebih banyak anak muda Indonesia yang cinta bangsa sendiri, manumbuhkan kepercayaan yang kuat akan hebatnya bangsa ini. saya di sini sangat bangga karena ternyata selain saya, masih ada banyak anak muda yang peduli terhadap Nasionalisme yang semakin hilang dari jiwa para anak muda.

salam kenal dari saya
92.middling@gmail.com

RADJA BONTANG mengatakan...

kita semua harus bangga menjadi orang indonesia bangsa yang sangat besar

BONY HARDIAN mengatakan...

Saya juga bangga jadi orang Indonesia

Chava mengatakan...

mas .. mantap uyy bisa tekwondo . salam kenal yoo mass, postingnya nasionalis banget mass .. mantap ! :)


oia, kunjungi blog saya dan berikan komentar yaa .. thanks .
http://chava-beelovers.blogspot.com/
http://chava-journey.com/

masterGOmaster mengatakan...

jangan kalah sama pahlawan kita dulu dong.....anak negeri memang semestinya menyayangi dan mencintai negaranya sendiri..bangga !!!

Cerita Film mengatakan...

Aku mungkin sedang kesal dengan kondisi bangsa kita saat ini yang sedang carut marut. Tapi, tetap saja kalau ada yang berniat menghina apalagi mengganggu, akan kubasmi semampuku. Indonesia, tetaplah negeriku tercinta :)

abdi buku mengatakan...

walaupun banyak gejolak yang dialami negeri kita yang indah ini , namun niscanya bangsa kita akan bangkit dari keterpurukan nya !, kebanggaan yang ada dalam setiap diri warga indonesia , akan menciptakan kembali , negara yang utuh, kuat dan kokoh , maju terus Indonesia ku !!!!

Miawruu mengatakan...

ga cuma bangga aja, tapi juga bertanggungjawab terhadap bangsa. smoga akhlak bangsa kita bisa diupgrade menjadi lebih baik *pray*