Minggu, 29 November 2009

Bangga Indonesia



Bangga Indonesia


Artikel ini berkaitan dengan partisipasi saya dalam Kompetisi Website Kompas MuDA – KFC yang saya lihat di www.mudaers.com, bertema Bangga Indonesia”. Bangga Indonesia adalah salah satu dari ungkapan rasa cinta kita terhadap tanah air kita. Meskipun Indonesia akhir-akhir ini banyak mendapat sorotan dari seluruh dunia mengenai isu-isu negatif yang sedang marak di tanah air kita. Tapi apapun itu, kita sebagai anak muda haruslah tetap bangga terhadap bangsa kita sendiri. Bangga terhadap semua sisi positif dari bangsa kita, dan tetap berjuang demi bangsa dan negara.


Ingat, para anak muda sukses menggulingkan kekuasaan Orde Baru pada tahun 1998. Meskipun harus bertaruh nyawa, kita mampu membuat bangsa ini selangkah lebih maju. Rasa bangga dan cinta tanah air lah yang membuat “kakak-kakak” mahasiswa kita berjuang. Bukan dengan senapan, bukan dengan bambu runcing, hanya berupa tekad dan kesatuan hatilah mereka berjuang.


Bangga terhadap Indonesia, membuat para pejuang kemerdekaan dan pejuang reformasi tidak kecewa telah mempertaruhkan nyawanya untuk kemerdekaan Indonesia.


Lalu bagaimana cara kita untuk bangga terhadap negeri kita sendiri?


Mulailah dari hal yang kecil terlebih dahulu. Pakailah produk-produk Indonesia, cintai bahasa persatuan kita, hormati perbedaan di antara kita, berdoa bagi bangsa dan Negara, dan sebagainya. Seringkali kita tidak menyadari bahwa kita sudah semakin menjauh dari rasa bangga terhadap Indonesia. Dengan bangganya kita memamerkan sepatu kita yang bermerk “luar” pada teman-teman kita, seringkali kita mencampur-campur bahasa Indonesia dengan bahasa “luar” agar dinilai sebagai orang “terpelajar”, seringkali kita terlalu fanatik terhadap agama, suku, budaya, dan golongan kita, dan menganggap golongan kita paling superior (fanatik sempit), dan kita seringkali lupa mendoakan bangsa dan negara kita sendiri, kita terlalu sibuk berdoa demi kepentingan pribadi kita sendiri.


Bangga Indonesia, berarti mencintai sepenuhnya apa yang ada dalam Indonesia.

Mencintai semua perbedaan kita (jangan sampai kerusuhan Mei 1998 terulang kembali). Ingat, Tuhan menciptakan manusia berbeda-beda untuk saling mengasihi, dan saling mengisi kekurangan satu sama lain. Mencintai semua budaya di Indonesia dan ikut melestarikannya. Jangan sampai budaya kita “punah”, atau “dicuri” negara lain.


Bangga Indonesia, berarti mementingkan kepentingan bangsa, daripada kepentingan diri sendiri.

Jika kita mampu mementingkan kepentingan bangsa daripada kepentingan pribadi, maka tidak akan terjadi lagi korupsi, penebangan hutan secara liar, perusakan lingkungan hidup, pemburuan hewan yang dilindungi Negara, pembajakan VCD porno, terorisme, dan lain sebagainya. Belajarlah untuk mengesampingkan kepentingan pribadi kita, agar bangsa ini akan disebut negara yang maju, bukan disebut negara yang berkembang terus-menerus.


Bangga Indonesia, berarti berjuang demi kemajuan bangsa.

Berjuang demi kemajuan bangsa, tidak harus memakai senjata, bahkan melakukan aksi bom bunuh diri. Berjuanglah dengan damai, lawanlah Narkoba, lawanlah kemiskinan, lawanlah kebodohan, lawanlah HIV AIDS, lawanlah pengangguran, dan lawanlah semua yang mengancam keutuhan bangsa dan negara kita.


Mungkin masih banyak lagi yang dapat kita lakukan untuk menjadi seorang yang bangga terhadap Indonesia. Sudahkah kita belajar untuk melakukannya?



==hanny==

Posting Komentar

Agen Allianz di Yogyakarta

hannysuzuki.com