Rabu, 20 Januari 2010

“Mendefinisikan Perguruan Tinggi Idaman”.




Artikel ini dalam rangka memeriahkan Lomba Blog UII (Universitas Islam Indonesia) dengan tema “Mendefinisikan Perguruan Tinggi Idaman”.

Bukan menjadi rahasia lagi bahwa untuk menjadi sebuah Perguruan Tinggi Idaman harus dapat mencetak para mahasiswa menjadi seorang entrepreuner (wirausaha). Kenapa harus menjadi seorang entrepreuner? Karena bangsa Indonesia sudah memiliki ribuan stok mahasiswa yang terpaksa menganggur karena tidak dapat pekerjaan. Untuk itulah fungsi utama dari perguruan tinggi, yaitu membentuk jiwa entrepreunership pada para mahasiswanya. Membentuk jiwa entreupreunership tidak bisa dilakukan secara instant, perlu proses yang panjang untuk belajar. Sikap kreatif, keberanian, dan pantang menyerah harus dimiliki oleh para mahasiswa yang ingin sukses.

Menilai sebuah kampus berpredikat Perguruan Tinggi Terbaik atau Perguruan Tinggi Favorit Indonesia tidak hanya berdasar pada IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) lulusannya, atau diterimanya para lulusan mahasiswanya di berbagai perusahaan besar saja. Tetapi predikat tersebut lebih layak diberikan pada suatu universitas yang mampu melahirkan para wirausahawan baru yang dapat menjadi “pahlawan negara” dalam mengurangi pengurangi pengangguran di Indonesia. Justru itu yang terpenting.

Untuk mewujudkannya, maka perlu dilakukan reformasi kurikulum pada instansi perguruan tinggi. Perguruan tinggi harus berusaha mananamkan sebanyak mungkin tentang entrepreunership. Teori-teori yang hanya bertujuan menjadikan mahasiswa sebagai “karyawan”, harus dialihkan menjadi “bos”.

Bos yang saya maksud adalah bos dalam arti membuat lapangan pekerjaan baru, yang secara tidak langsung akan menurunkan jumlah pengangguran di Indonesia. Bayangkan jika suatu acara wisuda di perguruan tinggi, meluluskan 300 mahasiswa, dan 300 mahasiswa tersebut membuka usaha baru dengan merekrut tenaga kerja sebanyak 2 orang saja. Maka mereka akan menurunkan pengangguran sebanyak 600 orang. Bukankah pantas jika wirausahawan disebut “pahlawan pengangguran?”


Jika mental mahasiswa tidak bisa dirubah, maka mahasiswa yang memiliki title “sarjana” akan dipermalukan oleh pedagang bakso yang mampu mempekerjakan 4 orang karyawan. Pedagang bakso tersebut, jauh lebih terhormat karena mampu mengurangi pengangguran, bukannya menambah jumlah angka pengangguran di Indonesia.



Mahasiswa juga harus dituntut untuk kreatif, jangan seperti katak dalam tempurung. Peribahasa ini tentunya sudah kita dengar ribuan kali sebelumnya. Tapi apakah mahasiswa dapat memaknai sepenuhnya peribahasa ini? Katak dalam tempurung adalah seseorang yang tidak bisa berkembang karena ruang geraknya selalu dibatasi. Apakah seorang mahasiswa seperti katak dalam tempurung? Jawabannya adalah “depend on”, tergantung dari tiap individu yang bersangkutan sendiri, dan tergantung apakah perguruan tinggi tersbut mempunyai kepedulian mengenai entrepreunership.


Fenomena yang berkembang saat ini adalah minat mahasiswa yang kurang untuk menjadi individu yang kreatif. Mahasiswa seperti hanya mementingkan nilai IPK nya saja, dengan selalu menghafal materi dari dosen menjelang ujian, kalau perlu menghafalkannya sampai larut malam, atau berusaha membuat catatan kecil di kertas atau di bagian tubuhnya, agar sewaktu ujian dapat menggunakannya dengan “bijaksana”.

Hal yang paling penting bagi mahasiswa adalah mahasiswa harus kreatif mencari ilmu sendiri, ilmu pengetahuan tidak hanya kita dapat dari staf pengajar, ilmu pengetahuan dapat kita temukan di mana saja, kapan pun dan di mana pun. Mahasiswa yang hebat tidak hanya dinilai dari jumlah IPKnya saja, tetapi bagaimana seorang mahasiswa mau untuk menjadi pribadi yang kreatif. Perlu saya ingatkan sekali lagi bahwa Indonesia sudah banyak memiliki para sarjana-sarjana pandai, tetapi itu masih belum cukup dapat merubah nasib bangsa Indonesia. Jumlah pengangguran di Indonesia sangat memprihatinkan. Menurut saya Indonesia membutuhkan para sarjana yang kreatif, kreatif dalam menuntut ilmu, kreatif dalam menciptakan lapangan pekerjaan, kreatif dalam menghadapi situasi apapun.

Ada sebuah contoh ilustrasi yang menarik, sewaktu terjadi perang dingin persaingan pesawat luar angkasa antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet, para ilmuwan Amerika sedang melakukan penelitian untuk membuat pulpen yang dapat digunakan untuk menulis dalam gravitasi nol (dimana pulpen biasa tidak bisa digunakan karena tintanya tidak bisa turun), mereka menghabiskan dana jutaan dolar untuk penelitian, dan tentunya mereka pasti berhasil, perasaan bangga mungkin melingkupi para ilmuwan Amerika ini. Tapi apa yang dilakukan oleh pesaingnya? Ternyata pesaing ini hanya menggunakan sebuah pensil untuk menulis !!! Bukankah ini sangat ironis, buat apa menghabiskan jutaan dolar kalau kita dapat menggunakan alternatif lain yang lebih efisien. Itulah pentingnya menjadi seorang yang kreatif.

Perguruan Tinggi Idaman dan Perguruan Tinggi Favorit Indonesia, tentunya wajib menjadikan mahasiswanya menjadi pribadi yang kreatif, memiliki keberanian, dan pantang menyerah.

Semoga sukses Universitas Islam Indonesia, mari kita turunkan jumlah pengangguran di Indonesia. Amin.




==hanny==



24 komentar:

akhatam mengatakan...

Wah keren sob.. Sukses Yaw...

tomo mengatakan...

baru tau deh difinisinya.....kunjungan balasan sambil comment

dewi mengatakan...

nyepam gak ya.. klo menurut aq itu info penting.slam kenal ya dari aq

Computer Tips Tricks mengatakan...

Wah ternyata uda banyak yang ikutan nie. Semoga sukses ya.

Dunia Komputer mengatakan...

Moga menang sob.

×÷·´¯`·.·•[ peace ]•·.·´¯`·÷× mengatakan...

Wuiihh komplit banget infonya....good luck kawan

Hery mengatakan...

wah menarik juga nih artikelnya, nyoba ikutan kyknya g ada salahnya. bro knp ip.ku dibanned shout box km?

Aryadevi mengatakan...

sependapat sobat, tentang mahasiswa mesti bisa memanusiakan dirinya, hingga mempunyai nilai dan manfaat bagi lingkungan, ...

anax kolonx mengatakan...

setelah sekian waktu menunggu akhirnya ada juga kontes blog lagi....kontes2 kemarin nggak sempet ikut :(...mudah2an yang ne bisa ikut...makasih wat infonya...

masterGOmaster mengatakan...

bener bener tahun para kontes-kontesan nih...selamat saja bagi yang lagi ikutan

FotoCantiq mengatakan...

smoga sukses ya lomba nya...


ciaattt...bachagi dulu ppcindo nyaa....hehehe...ditunggu toliochagi nya di G-Ad's saya yaah...makasih :)

masterGOmaster mengatakan...

informasi kompetisi blognya banyak juga mas hanny...salam blogger ya !!
makasih

eNeS mengatakan...

Pertama, sukses dengan lombanya.
Kedua, sepakat bahwa mahasiswa harus kreatif, inovatif, progresif, dan berwawasan.
Ketiga, bukan perguruan tinggi yg menjadikan mahasiswa cerdas, tp dirinya sendiri. Saya punya prinsip: "Bukan dimana kita sekolah, tapi bagaimana kita sekolah" itulah yg akan menjadikan bangsa Indonesia cerdas. Tentunya dg kecerdasan ini akan mengurangi tingkat kemiskinan dan pengangguran

buxbag PTC mengatakan...

Bagus juga postingnya :) menurut saya sendiri... Semua balik ke mahasiswanya sendiri.. percuma kl dia sekolah di PT yang mahal dan terbaik kalo dirinya sendiri gak mau berusaha.. Tapi Perguruan Tinggi juga berperan lo.. PT dengan nilai baik biasanya diikuti sistem pendidikan yg baik juga. Hehe mudah2an Indonesia semakin banyak punya lulusan yg bisa bikin lapangan kerja :)

kie mengatakan...

jadi pengen kuliah euy...tapi gak kesampean...hiks...hiks...maju terus mahasiswa indonesia jangan jadi buruh terus ya, jadilah majikannya buruh...!!!!

javabis99 | Bisnis Online n Hobby Blog mengatakan...

ikut lomba nih? semoga sukses & bisa menang ya, salam

marfio87 mengatakan...

klo boleh tau dmn tempat daftar lomba blognya

rental mobil murah mengatakan...

aku juga mau ikutan neh
boleh kan

aryanto aj mengatakan...

wah selamat berkompetisi aja bro...

kartu kredit mengatakan...

kreatif ditambah niat yg kuat & menangkap moment saat itu pas dah....mantaf..postingannya....

febri mengatakan...

yang penting harus menjadi pribadi yang kreatif namun bisa tersalurkan dengan baik... hha, ngomong opo iki... :D

inbound call center mengatakan...

I really enjoyed to reading your blog. Thanks for share all this information. I’m looking forward your next post.

RADJA BONTANG mengatakan...

tetap semanagt kawan dan semoga sukses ya

jelita mengatakan...

semoga sukses ya

semangat terus untuk latihan taekwondo nya