Sabtu, 04 Juli 2009

Tujuan utama berlatih Taekwondo


Tujuan utama berlatih Taekwondo
Pada intinya berlatih Taekwondo adalah untuk belajar melawan rasa takutmu (bukan menghilangkan), karena justru rasa takut dapat mendorong potensi dirimu yang terpendam, dan juga belajar mengalahkan dirimu sendiri. Kedua hal itulah yang sebenarnya menjadi inti dari Taekwondo sendiri. Banyak kita jumpai para Taekwondoin yang enggan untuk mengikuti kejuaraan kyoruki, hal ini perlu kita tanyakan lagi..Dengan berbagai alasan yang sebenarnya berusaha menutupi rasa takut itu sendiri..Tiap orang pasti memiliki rasa takut..dan kita wajib menghormati rasa takut tersebut..Lalu pertanyaannya adalah apa yang akan kita lakukan terhadap rasa takut tersebut?
Pilihan pertama adalah kita berusaha membungkus rapi rasa takut tersebut dengan berbagai alasan tidak bertanggungjawab, untuk menutupinya..Seperti, “maaf sabum saya tidak bisa mengikuti kejuaraan karena tiap hari saya les pelajaran, saya liburan ke luar kota dan ada acara keluarga, dll”. Saya sangat hafal sekali dengan alas an-alasan tersebut..dan intinya adalah mereka takut untuk ikut kejuaraan
Pilihan kedua adalah lari dari rasa takut tersebut, seperti berhenti ikut Taekwondo karena takut bertanding, mendapat “tekanan” baik dari orang tua maupun pelatih. Pilihan ini adalah yang paling kritis…kita seperti membiarkan rasa takut tersebut menguasai hdup kita, kita menjadi terbiasa takut, bahkan terbiasa untuk kalah sebelum mencoba..pilihan ini sangat berbahaya..
Pilihan ketiga adalah kita berusaha melawan atau menghadapi rasa takut tersebut, kita berusaha menghadapi detak jantuk yang cepat, serta adrenalin yang meningkat..Pilihan ini sangat berat, tapi jika kita terbiasa untuk melawannya, saya yakin kita akan menjadi orang atau atlet yang sukses..Perlu kita ingat bahwa sebagian besar para atlet olahraga apapun berasal dari pribadi yang pemalu, minderan, penakut, bahkan pendiam. Tapi mereka selalu berusaha melawan rasa takutnya sehingga cepat atau lambat mereka berubah dari yang pemalu, menjadi percaya diri, dari yang penakut, menjadi pemberani, dan dari yang pendiam menjadi cerewet, tentunya disertai dengan rasa pengendalian diri dan tanggung jawab..
Saya sempat meragukan jika ada yang menyandang sabuk merah, takut untuk bertanding…Saya sendiri tidak pernah menargetkan kemenangan untuk para murid saya, yang terpenting adalah mereka maksimal dalam berusaha melawan rasa takutnya, dan melawan diri sendiri sebelum mengalahkan orang lain..Dan banyak juga kita temui para Taekwondoin yang ketakutan saat ditantang berkelahi…Lalu jika kejadian seperti ini, apa gunanya mereka berlati Taekwondo??

=========hanny==========

Download gratis artikel ini klik di sini...
Posting Komentar

Agen Allianz di Yogyakarta

hannysuzuki.com