Selasa, 14 Juli 2009

TIPS PRESENTASI MENARIK


TIPS PRESENTASI MENARIK

LANGKAH-LANGKKAHNYA ;
1. PILIH TOPIK DAN MATERI YG MENARIK
Karena ini adalah kunci utama presentasi. cari topik hangat atau aktual dan sesuaikan dengan pengetahuan atau keahlian anda agar meyakinkan peserta. topik tidak harus hebat tetapi lebih pada relevansinya dengan peserta. selain aktual topik juga harus berupa fakta atau faktual(fakta dan aktual)

2. MENYAJIKAN NASKAH PRESENTASI BERKUALITAS
Tantangan presentator adalah menyajikan naskah presentasi yg membuat audiense terpukau hingga tidak beralih perhatiannya sampai selesai. maka yang harus diperhatikan adalah :
Judul harus menariik. judul adalah pintu gerbang yg membuat audiens penasaran. Buatlah naskah dg judul tidak teoritis tapi aplikable, gampang di baca dan dipraktekkan. gaya bahasa tidak terlalu formal menyesuaikan audiens, buatlah akrab dan gunakan bahasa sehari-hari.
Naskah ditulis sistematis dan runtut : pembukaan, pendahuluan, isi dan penutup harus jelas. khusus bagian isi uraikan dengan runtut tapi singkat. semakin singkat semakin bagus tapi tidak mengurangi maksudnya. Ini juga tantangan presentator BAGAIMANA PRESENTASI JELAS, SINGKAT TAPI PADAT BERISI. Lebih baik gunakan ilustrasi (gambar,foto, tabel, dll) untuk memperjelas maksud. Persiapan materi yang baik akan membuat lebih Percaya Diri.

3. LATIHAN DI DEPAN CERMIN
Kunci penampilan adalah PD tapi tidak berlebihan. persiapan yg matang akan menambah PD. Maka siapkan diri dengan berlatih. metode latihan paling praktis adalah didepan cermin. Berlatihlah spt Anda sedang melakukan presentasi sebenarnya. Mulai dari intonasi, artikulasi, aksentuasi, speed hingga Body LANguage. Bagaimana melangkah, ekspresi wajah menarik, dll. gunakan juga alat bantu yang akan digunakan saat presentasi. Atur waktu sesuai rencana (latihan manajemen waktu). latihan kata-kata yang akan diucapkan termasuk cerita, humor, dsb sambil dilihat penampilan Anda saat itu.

4. PERSIAPAN MEMADAI
Persiapan materi sudah, cek kembali persiapan umum spt, kesehatan, mental, suara, penampilan,dsb. Karena saat anda tampil presentasi anda harus berpikir cepat, langsung adaptasi, siap dengan segala situasi. intinya jangan takut salah karena itu akan jadi pengala man berharga.

5. SARANA BANTU PRESENTASI
Bisa gunakan slide, foto, power-point/transparansi, video, grafik, tabel, ilustrasi-ilustrasi lain. karena semakin lengkap sarana bantu akan semakin menarik presentasi kita.

6. PERSIAPAN TEMPAT
Meliputi dimana, berapa audiens berkaitan dengan luas ruangan yg dipakai. Cek penataan kursi, peralatan seperti screen, microphone, lampu, dll

7. MENGENALI AUDIENS
Tanyakan ke panitia siapa peserta/audiens anda nantinya. anda harus tahu paling tidak siapa mereka, levelnya, bidang apa, jumlahnya berapa. Arahnya untuk pemilihan bahasa, materi dan sudut pandang pembahasannya, pemilihan humor/ilustrasinya.

8. GAYA PRESENTASI
Pikirkan bahwa dihadapan anda adalah teman. jadi buatlah kesan akrab, keluarkan semua potensi anda. Ekspresikan diri untuk menyedot perhatian audiens. KONTAK MATA. Selingan humor di saat tepat (boring, ngantuk, kehilangan perhatian). dekatilah sekali-sekali tempat duduk audiens, dll. Jangan berkesan menggurui. jadiakan audiens teman anda sharing, karena mereka bukan orang bodoh dan tidak ada orang yg suka digurui,

9. MENJAWAB PERTANYAAN
Berterus teranglah bila anda tidak menguasai/bisa menjawab per?an.peserta akan jauh menghargai kejujuran anda. Bersikaplah profesional dan tenang bila ada per?an memojokkan. tidak perlu ditanggapi emosional.

10. KOMUNIKATIF
Jadikan presentasi anda sebagai ajang dialog hangat yg menghibur. buat komunikasi efektif. Lihat respon peserta dan segera ambil langkah (misal ngantuk, segera bikin cerita/humor) Joke bisa membuat segar pada saat yg tepat. pilihan joke juga sangat penting. jangan lupa jangan berlebihan karena presentasi bukanlah melawak.

11. MANAJEMEN WAKTU YG BAIK
Presentasi selalu dibatasi waktu. maka atur waktu utk pembukaan, isi dan penutup dg cermat (latihan di depan cermin ) jangan sampai kehabisan waktu di bagian isi yg penting karena kelamaan di opening misalnya.

12. MENGAKHIRI DENGAN POSITIF
Buat suasana menjelang berakhirnya presentasi semenarik mungkin. ini sama sulitnya dengan membuat pembukaan yg menarik. Akhirilah presentasi dengan hangat, buat rangkuman singkat kalau perlu, sedikit lelucon perpisahan, dan sampaikan penghargaan mendalam atas perhatian audiens anda.

Disarikan oleh Martha Sasongko, S,Si dari “RAHASIA PRESENTASI YG MENARIK” , Soejitno Irmim, Abdul Rochim, dan ditambah sesuai pengalaman praktis
Posting Komentar

Agen Allianz di Yogyakarta

hannysuzuki.com