Senin, 06 Juli 2009

Perhatian Pemerintah Terhadap Atlet


Perhatian Pemerintah Terhadap Atlet
Saat artikel ini ditulis, prestasi olahraga di Indonesia sedang mengalami penurunan..Berbagai argument dilepaskan untuk mengungkap apa yang sebenarnya terjadi dengan olahraga di Indonesia..Pemerintah mengklaim bahwa mereka sudah memperhatikan para pelatih dan atlet yang berjuang membawa nama bangsa..Lalu apa yang menyebabkan prestasi olahraga kita terus menurun..? Hal ini sangat komplek, tetapi menurut saya penyebabnya adalah :
1. Sering kita jumpai para mantan atlet yang pengangguran, bahkan dengan kondisi financial yang kacau, beberapa bulan yang lalu, heboh sekali diberitakan juara tinju kita yang kedapatan bertransaksi narkoba..Ironis ya..Padahal dulu beliau diagung-agungkan karena membawa harum nama Indonesia..tapi sekarang?? Dalam acara Kontrak Politik di salah satu stasiun swasta, ada atlet angkat besi yang bingung karena mendapat hadiah mobil, tapi tak memiliki surat-surat yang sah…Buset…Beliau sudah berusaha mengurus..Tapi apa daya, usahanya terhalang birokrasi pemerintah yang rumit dan cenderung saling melimpahkan tanggung jawab pada para organisasinya..Itu baru masalah dari para atletnya..belum masalah dari para pelatih yang telah berjasa..kasihan..pelatih dan para atlet “tingkat atas” saja diperlakukan begitu..bagaimana nasib pelatih dan atlet daerah yang berusaha menemukan bibit-bibit atlet yang baru??? Para pelatih daerah lah sekiranya yang paling penting diperhatikan, karena merekalah yang mencari dan membina para atlet sejak dini..Olahraga masih belum bisa dijadikan pekerjaan, dan jaminan masa depan yang belum tentu, membuat para insane olahragawan tidak sepenuh hati, didukung juga sikap pemerintah, yang hanya mau “memeras keringat” para pelatih dan atletnya, tanpa memperhatikan kesejahteraannya..Jangan pernah menurut kata-kata para pejabat yang mengatakan nama bangsa di atas segala-galanya disamping kesejahteraan olahragawan itu sendiri…Konyol..sudah capek-capek membawa nama bangsa..tapi hasil jerih payah kita tidak dihargai..Saya sangat mendukung jika para pelatih maupun atlet pindah mewakili Negara lain yang memjanjikan kesejahteraan yang setimpal dengan kerja keras para pelatih maupun atletnya..Hal-hal seperti inilah yang secara tidak langsung mempengaruhi prestasi olahraga kita..
2. Kurangnya dukungan baik sarana prasarana maupun dana bagi bidang olahraga
3. Ya kayaknya memang kita hanya bisa bermimpi menyamai prestasi olahraga dari China, Angaran untuk militer aja dipotong, apalagi anggaran untuk olahraga…

==hanny==
Posting Komentar

Agen Allianz di Yogyakarta

hannysuzuki.com