Jumat, 27 Maret 2009

Pemimpin seperti apa sih yang dibutuhkan oleh Bangsa Indonesia?


Pemimpin seperti apa sih yang dibutuhkan oleh Bangsa Indonesia?
1. Pemimpin yang bisa melindungi kaum minoritas, ingat bahwa bangsa kita adalah bhineka tunggal ika, dimana banyak sekali perbedaan di antara kita, sehingga hal ini sering memicu berbagai konflik. Maka seorang pemimpin harus mampu untuk melindungi kaum ini. Dan tidak lupa juga bangsa kita adalah berdasar Pancasila, jangan pernah dirubah, karena ideology ini adalah yang paling tepat.. Dengan memilih partai yang tidak berlandaskan suatu agama, mungkin akan membantu untuk melestarikan Pancasila..
2. Pemimpin yang mampu memurahkan pendidikan di Indonesia, ini juga sangat penting, karena dewasa ini saya melihat bahwa pendidikan ini semakin hari dijadikan sebagai komoditas bisnis..Adanya anggapan bahwa “orang pintar tapi miskin dilarang sekolah” apalagi “orang bodoh tapi miskin dilarang banget sekolah” wkwkwkwk….Pasal di UUD 45 yang berisi tiap warga Indonesia berhak atas pendidikan, sepertinya hanya penghias dalam UU tersebut.. Pada faktanya sekarang sangat bertolak belakang sekali..
3. Pemimpin yang mampu menurunkan biaya rumah sakit, sama seperti kasus pendidikan di atas, tampaknya rumah sakit sekarang cenderung keluar dari fungsi utamanya, yaitu melayani masyarakat, tetapi sekarang biayanya untuk berobat di rumah sakit sungguh tidak masuk akal…. “orang miskin dilarang masuk” mungkin peringatan ini dapat dipasang di halaman rumah sakit…. Maraknya pengobatan alternative di Indonesia, tidak lain disebabkan oleh mahalnya berobat di rumah sakit, masyarakat bukannya takut pada dokter, tapi takut juga kagak bisa bayar….Bahkan ada pasien yang sudah sekarat pun didiamkan di unit UGD karena tidak ada keluarga yang menjamin biayanya…Alamak…..Ironis sekali…. Rasa kemanusiaan dikesampingkan demi rupiah…
4. Pemimpin yang mampu menghukum mati para koruptor, sekecil apapun dosanya, para pengedar narkoba….
5. Pemimpin yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan…..Saat acara wiseda banyak senyum tawa yang terlihat, tapi setelah acara berlalu, hanya senyum kecut yang terlihat, karena bingung mau kerja di mana…..?
Mungkin kriteria di atas belum lengkap untuk seorang pemimpin… Tapi siapapun yang terpilih besok, kita harus mendukungnya sepenuh hati…..Sayang Gusdur tidah dicalonkan, padahal beliau sangat sangat bijaksana…..Jangan pernah melihat suatu pemimpin berdasarkan fisiknya….Karena seringkali Tuhan memilih orang yang tidak sempurna untuk mempermalukan orang yang sempurna, orang yang rendah hati mempermalukan orang yang tinggi hati, orang yang lemah untuk mempermalukan orang yang dianggap kuat oleh dunia..Jadi ingat sama salah satu presiden Amerika yang lumpuh, tapi rakyat Amerika sangat menghormati beliau…Tapi di Indonesia malah sebaliknya… Sayang sekali ya….BUat temen-temen, biasakanlah melihat seseorang bukan dari perawakan fisiknya, tapi lihatlah karakter pribadinya…

NATO di politik Indonesia



NATO di politik Indonesia
Huh saat melihat fenomena menjelang pemilu saat ini, kita seperti dipertontonkan oleh para tokoh politik maupun partai yang saling menjelek-jelekkan satu sama lain, saling mengklaim keunggulan masing-masing, dan tentunya ngumbar janji-janji manis… Lalu apakah yang seperti ini contoh demokrasi dalam mengeluarkan pendapat? Apakah dengan menjelek-jelekkan satu sama lain, itu yang disebut melaksanakan demokrasi di Indonesia?? Wow pantes aja Indonesia selalu disebut Negara berkembang..ya karena para pemimpinnya suka ejek-ejekan satu sama lain…padahal mereka merupakan public figure lo…
Inget lo kalau kita sedang menunjuk kejelekan orang lain itu, satu jari kita kena orang lain, tapi empat jari mengarah ke diri kita masing-masing, nah lo….Lalu apa hubungannya sama NATO ya? NATO itu menurut saya singkatan dari No Actions Talk Only..hehehe…Bisanya Cuma ngumbar janji tapi gak ada wujudnya…Bisanya saling menjelekkan tapi buta sama kejelekannya sendiri..
Kalau caranya gini ya jangan salahkan masyarakat kalau banyak yang golput….La bingung mau pilih siapa…Gusdur udah gak nyapres..ya mending golput aja..dateng pas pemilu..masuk ke ruang trus kluar tanpa nyontreng..trus jarinya dicelup tinta..slesai deh………
Temen-temen punya pendapat?? Monggo kasi komentarnya….
===hanny===

Kamis, 26 Maret 2009

20 Berkat


20 Berkat
1. Mengapa saya berkata "Saya tidak bisa" jika Alkitab mengatakan bahwa saya bisa melakukan segala sesuatu di dalam Dia yang memberi kekuatan kepada saya (Fil 4:13)?2. Mengapa saya merasa kurang jika saya tahu bahwa Allah akan memenuhi segala keperluan saya menurut kekayaan dan kemuliaanNya dalam Kristus Yesus (Fil 4:19)?3. Mengapa saya harus merasa takut jika Alkitab berkata bahwa Tuhan tidak memberi saya roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih, ketertiban (2 Tim 1:7)?4. Mengapa saya harus merasa kurang iman jika saya tahu bahwa Allah telah mengaruniakan kepada saya ukuran iman tertentu (Rom12:3)?5. Mengapa saya menjadi lemah jika Alkitab berkata bahwa Allah adalah terang dan keselamatan saya dan bahwa saya akan tetap kuat dan akan bertindak (Maz 27:1, Dan 11:32)?6. Mengapa saya harus membiarkan iblis menang atas hidup saya jika Roh yang ada di dalam saya lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia (1 Yoh 4:4)?7. Mengapa saya harus pasrah kalah jika Alkitab berkata bahwa Allah dalam Kristus selalu membawa kita di jalan kemenanganNya (2 Kor 2:14)?8. Mengapa saya harus kekurangan hikmat jika Kristus sendiri telah menjadi hikmat bagi saya dan Allah akan memberi hikmat jika saya minta padaNya (1 Kor 1:30; Yak 1:5)?9. Mengapa saya harus depresi jika saya dapat mengingat bahwa saya dapat berharap pada Allah yang kasih setiaNya tidak habis-habisNya setiap pagi (Rat 3:21-23)?10. Mengapa saya harus kuatir, resah, dan rewel jika saya dapat menyerahkan segala kekuatiran saya pada Tuhan yang memelihara saya (1 Pet 5:7)?11. Mengapa saya harus selalu hidup dalam beban jika saya tahu bahwa di mana ada Roh Allah, ada kemerdekaan, dan Kristus telah memerdekakan kita (2 Kor 3:17; Gal 5:1) ?12. Mengapa saya harus merasa terhukum jika Alkitab berkata bahwa saya tidak ada lagi di bawah penghukuman sebab saya di dalam Kristus (Rom 8:1) ?13. Mengapa saya harus merasa sendirian jika Yesus berkata Ia akan selalu menyertai saya, tidak akan membiarkan dan tak akan meninggalkan saya (Mat 28:20; Ibr 13:5)?14. Mengapa saya harus merasa terkutuk atau merasa saya menjadi korban nasib sial jika Alkitab berkata bahwa Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum taurat sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu (Gal 3:13-14) ?15. Mengapa saya harus merasa tidak puas dalam hidup ini jika saya,seperti Paulus, bisa belajar untuk menjadi puas dalam segala keadaan (Fil 4:11) ?16. Mengapa saya harus merasa tidak layak jika Kristus telah dibuat menjadi dosa karena kita, supaya di dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah (2 Kor 5:21) ?17. Mengapa saya merasa takut disiksa orang jika saya tahu bahwa jika Allah di pihak saya tidak ada yang akan melawan saya (Rom8:31) ?18. Mengapa saya harus bingung jika Allah adalah Raja Damai dan Ia memberi saya pengetahuan melalui RohNya yang diam di dalam kita (1 Kor 14:33;2:12)19. Mengapa saya harus terus-menerus gagal dan jatuh jika Alkitab berkata bahwa sebagai anak Allah saya lebih daripada orang-orang yang menang dalam segala hal, oleh Dia yang telah mengasihi saya (Rom8:37)?20. Mengapa saya harus membiarkan tekanan hidup mengganggu saya jika saya dapat punya keberanian karena tahu Tuhan Yesus telah menang atas dunia dan penderitaan (Yoh 16:33)? " Diamlah dan ketahuilah,bahwa Akulah Allah ! " (Mazmur 46:11a)

--dari berbagai sumber--

BEBAN BERAT


BEBAN BERAT
"Mengapa bebanku berat sekali?" aku berpikir sambil membanting pintu kamarku dan bersender. "Tidak adakah istirahat dari ini?" Aku menghempaskan badanku ke ranjang, menutupi telingaku dengan bantal."Ya Tuhan," aku menangis, "biarkan aku tidur. Biarkan aku tidur dan tidak pernah bangun kembali!"Dengan tersedu-sedu, aku mencoba untuk meyakinkan diriku untuk melupakan, tiba-tiba gelap mulai menguasai pandanganku. Lalu, suatu cahaya yang sangat bersinar mengelilingiku ketika aku mulai sadar. Aku memusatkan perhatianku pada sumber cahaya itu. Sesosok pria berdiri di depan salib."Anakku," orang itu bertanya, "mengapa engkau datang kepadaKu sebelum Aku siap memanggilmu?""Tuhan, aku mohon ampun. Ini karena... aku tidak bisa melanjutkannya. Kau lihat betapa berat hidupku. Lihat beban berat di punggungku. Aku bahkan tidak bisa mengangkatnya lagi.""Tetapi, bukankah Aku pernah bersabda kepadamu untuk datang kepadaku semua yang letih lesu dan berbeban berat, karena Aku akan memberikan kelegaan kepadamu. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan.""Aku tahu Engkau pasti akan mengatakan hal itu. Tetapi kenapa bebanku begitu berat?""AnakKu, setiap orang di dunia memiliki beban. Mungkin kau ingin mencoba salib yang lain?""Aku bisa melakukan hal itu?"Ia menunjuk beberapa salib yang berada di depan kakiNya. "Kau bisa mencoba semua ini."Semua salib itu berukuran sama. Tetapi setiap salib tertera nama orang yang memikulnya."Itu punya Joan," kataku. Joan menikah dengan seorang kaya raya. Ia tinggal di lingkungan yang nyaman dan memiliki 3 anak perempuan yang cantik dengan pakaian yang bagus-bagus. Kadang kala ia menyetir sendiri ke gereja dengan mobil Cadillac suaminya kalau mobilnya rusak."Umm, aku coba punya Joan." Sepertinya hidupnya tenang-tenang saja. Seberat apa beban yang Joan panggul? pikirku.Tuhan melepaskan bebanku dan meletakkan beban Joan di pundakku. Aku langsung terjatuh seketika."Lepaskan beban ini!" teriakku. "Apa yang menyebabkan beban ini sangat berat?""Lihat ke dalamnya."Aku membuka ikatan beban itu dan membukanya. Di dalamnya terdapat gambaran ibu mertua Joan, dan ketika aku mengangkatnya, ibu mertua Joan mulai berbicara, "Joan, kau tidak pantas untuk anakku, tidak akan pernah pantas. Ia tidak seharusnya menikah denganmu. Kau adalah wanita yang terburuk untuk cucu-cucuku..."Aku segera meletakkan gambaran itu dan mengangkat gambaran yang lain. Itu adalah Donna, adik terkecil Joan. Kepala Donna dibalut sejak operasi epilepsi yang gagal itu.Gambaran yang ketiga adalah adik laki-laki Joan. Ia kecanduan narkoba, telah dijatuhi hukuman karena membunuh seorang perwira polisi."Aku tahu sekarang mengapa bebannya sangat berat, Tuhan. Tetapi ia selalu tersenyum dan suka menolong orang lain. Aku tidak menyadarinya...""Apakah kau ingin mencoba yang lain?" tanya Tuhan dengan pelan.Aku mencoba beberapa. Beban Paula terasa sangat berat juga : Ia memelihara 4 orang anak laki-laki tanpa suami. Debra punya juga demikian : masa kecilnya yang dinodai olah penganiayaan seksual dan menikah karena paksaan. Ketika aku melihat beban Ruth, aku tidak ingin mencobanya. Aku tahu di dalamnya ada penyakit Arthritis, usia lanjut, dan tuntutan bekerja penuh sementara suami tercintanya berada di Panti Jompo."Beban mereka semua sangat berat, Tuhan" kataku. "Kembalikan bebanku"Ketika aku mulai memasang bebanku kembali, aku merasa bebanku lebih ringan dibandingkan yang lain."Mari kita lihat ke dalamnya," Tuhan berkata.Aku menolak, menggenggam bebanku erat-erat. "Itu bukan ide yang baik," jawabku,"Mengapa?""Karena banyak sampah di dalamnya.""Biar Aku lihat"Suara Tuhan yang lemah lembut membuatku luluh. Aku membuka bebanku.Ia mengambil satu buah batu bata dari dalam bebanku. "Katakan kepadaKu mengenai hal ini.""Tuhan, Engkau tahu itu. Itu adalah uang. Aku tahu kalau kami tidak semenderita seperti orang lain di beberapa negara atau seperti tuna wisma di sini. Tetapi kami tidak memiliki asuransi, danketika anak-anak sakit, kami tidak selalu bisa membawa mereka ke dokter. Mereka bahkan belum pernah pergi ke dokter gigi. Dan aku sedih untuk memberikan mereka pakaian bekas.""AnakKu, Aku selalu memberikan kebutuhanmu.... dan semua anak-anakmu. Aku selalu memberikan mereka badan yang sehat. Aku mengajari mereka bahwa pakaian mewah tidak membuat seorang berharga di mataKu."Kemudian ia mengambil sebuah gambaran seorang anak laki-laki. "Dan yang ini?" tanya Tuhan."Andrew..." aku menundukkan kepala, merasa malu untuk menyebut anakku sebagai sebuah beban."Tetapi, Tuhan, ia sangat hiperaktif. Ia tidak bisa diam seperti yang lain, ia bahkan membuatku sangat kelelahan. Ia selalu terluka, dan orang lain yang membalutnya berpikir akulah yang menganiayanya. Aku berteriak kepadanya selalu. Mungkin suatu saat aku benar-benar menyakitinya...""AnakKu," Tuhan berkata. "jika kau percayakan kepadaKu, aku akan memperbaharui kekuatanmu, dan jika engkau mengijinkan Aku untuk mengisimu dengan Roh Kudus, aku akan memberikan engkau kesabaran."Kemudian Ia mengambil beberapa kerikil dari bebanku."Ya, Tuhan.." aku berkata sambil menarik nafas panjang."Kerikil-kerikil itu memang kecil. Tetapi semua itu adalah penting. Aku membenci rambutku. Rambutku tipis, dan aku tidak bis membuatnya kelihatan bagus. Aku tidak mampu untuk pergi ke salon. Aku kegemukan dan tidak bisa menjalankan diet. Aku benci semua pakaianku. Aku benci penampilanku!""AnakKu, orang memang melihat engkau dari penampilan luar, tetapi Aku melihat jauh sampai ke dalamnya hatimu. Dengan Roh Kudus, kau akan memperoleh pengendalian diri untuk menurunkan berat badanmu. Tetapi keindahanmu tidak harus datang dari luar. Bahkan, seharusnya berasal dari dalam hatimu, kecantikan diri yang tidak akan pernah hilang dimakan waktu.Itulah yang berharga di mataKu."Bebanku sekarang tampaknya lebih ringan dari sebelumnya. "Aku pikir aku bisa menghadapinya sekarang," kataku,"Yang terakhir, berikan kepadaKu batu bata yang terakhir." kata Tuhan."Oh, Engkau tidak perlu mengambilnya. Aku bisa mengatasinya.""AnakKu, berikan kepadaKu." Kembali suaraNya membuatku luluh. Ia mengulurkan tangaNya, dan untuk pertama kalinya Aku melihat lukaNya."Tetapi Tuhan, bebanku ini kotor dan mengerikan, jadi Tuhan....Bagaimana dengan tanganMu? TanganMu penuh dengan luka!!"Aku tidak lagi memperhatikan bebanku, aku melihat wajahNya untuk pertama kalinya. Dan pada dahiNya, kulihat luka yang sangat dalam... tampaknya seseorang telah menekan mahkota duri terlalu dalam ke dagingNya."Tuhan," aku berbisik. "Apa yang terjadi dengan Engkau?"MataNya yang penuh kasih menyentuh kalbuku."AnakKu, kau tahu itu. Berikan kepadaku bebanmu. Itu adalah milikKu. Aku telah membelinya.""Bagaimana?""Dengan darahKu""Tetapi kenapa Tuhan?""Karena aku telah mencintaimu dengan cinta abadi, yang tak akan punah dengan waktu. Berikan kepadaKu."Aku memberikan bebanku yang kotor dan mengerikan itu ke tanganNya yang terluka. Beban itu penuh dengan kotoran dan iblis dalam kehidupanku : kesombongan, egois, depresi yang terus-menerus menyiksaku. Kemudian Ia mengambil salibku kemudian menghempaskan salib itu ke kolam yang berisi dengan darahNya yang kudus. Percikan yang ditimbulkan oleh salib itu luar biasa besarnya."Sekarang anakKu, kau harus kembali. Aku akan bersamamu selalu. Ketika kau berada dalam masalah, panggillah Aku dan Aku akan membantumu dan menunjukkan hal-hal yang tidak bisa kau bayangkan sekarang.""Ya, Tuhan, aku akan memanggilMu."Aku mengambil kembali bebanku."Kau boleh meninggalkannya di sini jika engkau mau. Kau lihat beban-beban itu? Mereka adalah kepunyaan orang-orang yang telah meninggalkannya di kakiKu, yaitu Joan, Paula, Debra, Ruth... Ketika kau meninggalkan bebanMu di sini, aku akan menggendongnya bersamamu. Ingat, kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan."Seketika aku meletakkan bebanku, cahaya itu mulai menghilang. Namun, masih kudengar suaraNya berbisik, "Aku tidak akan meninggalkanmu, atau melepaskanmu."Saat itu, aku merasakan damai sekali di hatiku.

--dari berbagai sumber---

Download gratis artikel ini klik disini...

KATAK DALAM TEMPURUNG


KATAK DALAM TEMPURUNG


Pernahkah teman-teman mendengar peribahasa ini? Peribahasa ini tentunya sudah kita dengar ribuan kali sebelumnya. Tapi apakah kita sebagai mahasiswa dapat memaknai sepenuhnya peribahasa ini? Katak dalam tempurung adalah seseorang yang tidak bisa berkembang karena ruang geraknya selalu dibatasi. Apakah seorang mahasiswa seperti katak dalam tempurung? Jawabannya adalah depend on, tergantung dari tiap individu yang bersangkutan sendiri. Fenomena yang berkembang saat ini adalah minat mahasiswa yang kurang untuk menjadi individu yang kreatif. Mahasiswa seperti hanya mementingkan nilai IPK nya saja, dengan selalu menghafal materi dari dosen menjelang ujian, kalau perlu menghafalkannya sampai larut malam, atau berusaha membuat catatan kecil di kertas atau di bagian tubuhnya, agar sewaktu ujian dapat menggunakannya dengan “bijaksana”. Lalu apakah ini cerminan calon penerus pemimpin bangsa?
Menurut saya menghafalkan teori dari dosen itu sangat penting, tapi itu bukanlah hal yang utama. Karena menurut saya seorang dosen jarang sekali dapat memberikan materinya secara 100% full, mungkin hanya sekitar 80% yang dapat diberikan. Dan parahnya menurut penelitian, seorang mahasiswa paling hebat dapat mengambil 20% dari materi yang sudah diberikan oleh pengajar. Lalu pertanyaannya, bagaimana dengan persentase sisanya? Hal yang paling penting bagi mahasiswa adalah mahasiswa harus kreatif mencari ilmu sendiri, ilmu pengetahuan tidak hanya kita dapat dari staf pengajar, ilmu pengetahuan dapat kita temukan di mana saja, kapan pun dan di mana pun. Mahasiswa yang hebat tidak hanya dinilai dari jumlah IPKnya saja, tetapi bagaimana seorang mahasiswa mau untuk menjadi pribadi yang kreatif. Indonesia sudah banyak memiliki para sarjana-sarjana pandai, tetapi itu masih belum cukup dapat merubah nasib bangsa Indonesia. Menurut saya Indonesia membutuhkan para sarjana yang kreatif, kreatif dalam menuntut ilmu, kreatif dalam menciptakan lapangan pekerjaan, kreatif dalam menghadapi situasi yang semakin tidak kondusif ini.
Sewaktu terjadi perang dingin persaingan pesawat luar angkasa antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet, para ilmuwan Amerika sedang melakukan penelitian untuk membuat bolpoin yang dapat digunakan untuk menulis dalam gravitasi nol, mereka menghabiskan dana jutaan dolar untuk penelitian, dan tentunya mereka pasti berhasil, perasaan bangga mungkin melingkupi para ilmuwan Amerika ini. Tapi apa yang dilakukan oleh pesaingnya? Ternyata pesaing ini hanya menggunakan sebuah pensil untuk menulis!!! Bukankah ini sangat menggelikan, buat apa menghabiskan jutaan dolar kalau kita dapat menggunakan alternatif lain yang lebih efisien. Mungkin cerita ini dapat semakin meyakinkan para mahasiswa untuk menjadi pribadi yang kreatif.
Perpustakaan di Duta Wacana adalah salah satu dari sumber ilmu pengetahuan yang dapat kita temukan dengan mudah. Sayangnya fasilitas ini hanya seperti musiman saja. Ramai pengunjung kalau sedang menjelang ujian, ramai pengunjung kalau sedang musim skripsi. Inilah yang menjadi ciri khas Negara berkembang, berbeda sekali dengan Negara-negara maju yang perpustakaannya selalu ramai dikunjungi. Apakah Indonesia ingin terus-terusan disebut Negara berkembang? Sebutan Negara berkembang sudah saya dengar sejak saya masih kecil, ternyata sebutan ini lama sekali melekat di Indonesia. Kapan Indonesia disebut sebagai Negara maju?
Mahasiswa harus gemar membaca, dengan begitu mahasiswa memiliki wawasan yang luas, bukannya menjadi katak dalam tempurung yang selalu hanya ingin diberi ilmu saja, tetapi tidak mau berusaha mencari ilmu pengetahuan sendiri.
Pernahkah anda bosan menghafal teori-teori para ahli untuk dijadikan bahan ujian? Kenapa tidak berpikir membuat teori baru, sehingga di kemudian hari banyak orang akan menghafal teori anda yang akan dikeluarkan waktu ujian? Menurut saya ilmu ekonomi masih dapat dikembangkan lebih banyak lagi, tidak menutup kemungkinan untuk menemukan banyak teori-teori baru. Saya ingin menantang para mahasiswa UKDW untuk menemukan teori-teori baru tersebut. Pesan saya yang terakhir untuk mahasiswa UKDW adalah hancurkan tempurungmu, mari meloncat dengan bebas, dan gapai impianmu! Maju terus
UKDW!

==hanny==

Download gratis artikel ini klik di sini...

3 Hal Dalam Menjalankan Usaha


3 Hal Dalam Menjalankan Usaha Oleh: Safir Senduk
Dikutip dari Tabloid NOVA No. 831/XVI
Anda masih ingat kan, topik yang saya ulas pada dua nomor yang lalu tentang Kiat Praktis Membuka Usaha? Nah, mudah-mudahan setelah membaca tulisan tersebut, Anda jadi termotivasi untuk mau menjalankan usaha. Iya dong, kenapa tidak? Usaha merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan dalam rangka menambah penghasilan. Iya kan?
Nah, kalau sekarang Anda berpikir: "Kira-kira menarik juga ya ide untuk membuka usaha. Oke, kalau sekarang saya memutuskan untuk membuka usaha, kira-kira apa saja hal-hal penting yang harus saya perhatikan? Saya kan Enggak MAU gagal dalam usaha saya....".
Saya jadi ingat ketika sekitar dua minggu yang lalu saya membaca sebuah tulisan dari seorang pengusaha terkenal di Indonesia. Dia mengatakan, "Kalau Anda membuka usaha, maka apa yang harus Anda lakukan adalah... lakukan saja." Saya pikir betul juga. Banyak diantara kita yang ketika akan membuka usaha, seringkali terbentur pada kegiatan-kegiatan yang sifatnya hitung menghitung seperti, "Apa kira-kira usaha saya ini bisa untung ya... Coba saya hitung dulu...".
Sebetulnya, menghitungnya sih enggak apa-apa. Tindakan survei yang Anda lakukan sebelum membuka usaha juga tidak apa-apa. Tapi sayangnya, seringkali banyak dari kita yang terlalu lama berkutat di masalah survei kelayakan usaha dan hitung menghitung sehingga kita jadi kehilangan emosi yang dibutuhkan dalam membuka usaha.
Saran saya, Ibu - Bapak, ketika Anda sudah berniat membuka usaha, tidak apa-apa bila Anda ingin mengadakan survei atau acara hitung-menghitung terlebih dahulu. Tapi, jangan sampai tindakan yang Anda lakukan tersebut membuat Anda jadi menunda-nunda tindakan untuk membuka usaha.
Nah, sebelum Anda membuka usaha, ada 3 hal penting yang harus Anda ketahui dalam menjalankan usaha. Kalau ke-3 hal ini Anda jalankan, mudah-mudahan risiko kegagalan dalam usaha Anda lebih bisa ditekan. Bukankah itu yang kita semua inginkan?
1. Kreatif Mencari Sumber ModalApakah Anda kesulitan mencari modal usaha? Apakah Anda terlalu berat untuk membayar bunga kredit usaha di bank? Bila kedua jawabannya tersebut adalah ya, maka mungkin Anda perlu mencari alternatif sumber modal yang lebih murah. Caranya? Antara lain mungkin dengan mengajak sahabat atau saudara Anda untuk menanamkan modalnya pada usaha Anda, atau malah Anda berdua atau bertiga malah bisa membuka usaha tersebut secara patungan dan menjalankannya bersama-sama.
Alternatif lainnya, cobalah meminjamkan uang dari kerabat dekat atau sahabat terdekat. Karena umumnya mereka telah mengenal Anda dan memahami tujuan Anda untuk membuka usaha. Maka bisa jadi mereka rela memberikan pinjaman uang dengan bunga di bawah bunga bank atau malah tanpa bunga.
Tapi ingat, meski saudara, yang namanya meminjam sesuatu tetap harus dikembalikan, termasuk meminjam uang. Jangan sampai malah hubungan Anda dengan kerabat atau sahabat jadi rusak nantinya gara-gara masalah uang.
2. Lokasi dan SDMLokasi adalah salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan dalam membuka usaha. Ada usaha yang cocok didirikan di suatu lokasi, tapi enggak cocok di tempat lain. Usaha warnet dan fotokopi mungkin sesuai untuk lingkungan di sekitar kampus, tapi membuka toko kelontong mungkin akan lebih cocok untuk daerah pemukiman. Karenanya, lakukan survei untuk mencari tempat yang sesuai bagi usaha Anda. Amati kondisi pasarnya, potensi permintaannya, dan jangan lupa cari juga informasi tentang bagaimana prospek perkembangan daerah itu ke depannya, karena hal ini bisa sangat mempengaruhi usaha Anda.
Faktor lain adalah sumber daya manusia (SDM). SDM menjadi sangat penting karena hal inilah yang akan menggerakkan usaha Anda sehari-hari nantinya. Bila Anda memulai usaha ini sendirian mungkin enggak akan terlalu jadi masalah. Tapi, kalau Anda merekrut pegawai dalam usaha Anda, maka Anda harus memperhatikan masalah kepribadian dan kemampuannya. Kalau pegawai Anda akan berhadapan langsung dengan pelanggan Anda, pilihlah orang yang sopan dan ramah. Seorang klien saya misalnya, mempunyai sebuah usaha toko kelontong. Ketika dia menjaga sendiri tokonya, pelanggannya sangat banyak. Tapi, ketika pegawainya yang disuruh menjaga toko, pelanggannya mulai berkurang. Usut punya usut, setelah ditanyakan pada para pelanggan, rata-rata dari mereka menjawab bahwa pegawai tersebut tidak ramah dalam melayani sehingga para pelanggan menjadi enggan untuk datang ke toko itu. Tentunya Anda tidak mau hal ini terjadi pada usaha Anda kan?
3. PromosiSegi promosi seringkali dilupakan oleh mereka yang sedang membuka usaha, atau tak jarang, kegiatan promosi dihilangkan ketika kegiatan usaha sedang lesu. Alasannya, tidak ada dana. Padahal, promosi usaha apa pun bentuknya hendaknya jangan sampai berhenti dalam waktu lama.
Bila promosi berhenti untuk waktu yang lama, orang bisa lupa pada usaha Anda. Tapi kalau Anda selalu melakukan promosi secara rutin, orang akan selalu teringat pada usaha Anda. Promosi yang kontinyu akan selalu berdampak baik pada usaha Anda. Bila kelesuan usaha menimpa secara keseluruhan pada Anda dan pesaing Anda, tetaplah berpromosi. Mungkin Anda memang harus sedikit berkorban dulu, karena pemasukan minim sedangkan pengeluaran promosi terus ada. Tetapi, saya percaya bahwa bila kelesuan usaha ditentukan atas faktor kondisi ekonomi, maka suatu saat kondisinya akan pulih kembali.
Nah, saat kondisi mulai pulih, orang mulai membutuhkan kembali barang dan jasa Anda, saat itulah Anda akan menuai hasilnya. Orang akan membeli dari Anda, karena Andalah yang diingat karena Anda yang paling rajin berpromosi. Bayangkan bila Anda tidak berpromosi disaat kondisi buruk, bisa-bisa Anda malah dikira sudah bangkrut. Nah, bagaimana? Mudah-mudahan 3 hal tersebut di atas bisa membantu Anda dalam menyukseskan usaha Anda. Salam.
Memulai Usaha dari Rumah
Bila Anda tertarik membuka usaha, kenapa Anda tidak mencoba untuk menjalankannya dari rumah? Ya, memulai usaha dari rumah bisa sangat bermanfaat, tapi tentu saja hal ini harus disesuaikan dengan kondisi rumah Anda dan sifat dari usaha Anda. Tentu saja penilaian terbaik untuk dua hal ini adalah di tangan Anda sebagai sang calon wirausahawan. Bila keduanya tidak memungkinkan untuk memulai usaha dari rumah, jangan dipaksakan. Namun, bila usaha Anda memungkinkan untuk dijalankan dari rumah akan sangat bagus karena Anda akan mendapat berbagai manfaat.
Membuka usaha di rumah memungkinkan kita untuk meluangkan waktu untuk keluarga. Dengan memulai usaha dari rumah, kita bisa mempunyai waktu lebih untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga. Oleh karena itu, kalau Anda wanita, memulai usaha dari rumah sangat sesuai untuk Anda yang ingin tetap menunaikan kodrat kewanitaan Anda sebagai ratu rumah tangga sekaligus bisa bekerja untuk mendapatkan penghasilan. Memulai usaha dari rumah juga merupakan suatu penghematan yang cukup berarti, karena dengan memulai usaha di rumah, berarti Anda mengurangi kebutuhan biaya untuk menyewa atau membeli tempat usaha. Nah, kalau Anda ingin menjalankan usaha dari rumah, jangan lupa beritahukan dan jalin hubungan baik dengan tetangga dan aparat setempat. Ini penting untuk keamanan tempat usaha Anda, dan juga supaya warga sekitar tahu usaha Anda, siapa tahu mereka malah bisa jadi pelanggan Anda.

==dari berbagai sumber==

Download gratis artikel ini klik di sini...

Rabu, 25 Maret 2009

Apa sih arti mencintai seseorang?


Apa sih arti mencintai seseorang?
Mencintai seseorang adalah, mampu berfokus pada segala kelebihan pasangan kita dibanding kekurangan pasangan kita.
Mencintai seseorang berarti mau menerima apa adanya pasangan kita, kita tidak boleh merubah pasangan kita sesuai dengan apa yang kita inginkan. Perlu kita sadari bahwa tiap individu memiliki perbedaan-perbedaan dari segi karakter, tingkah laku, dll. Sadari bahwa pasangan kita memiliki perbedaan yang patut kita hargai.
Mencintai seseorang berarti mencintai juga orang-orang yang dia kasihi, seperti keluarga, teman, sahabat,dll.
Mencintai seseorang berarti membebaskan pasangan kita untuk bisa bergaul dengan siapa saja, tanpa dikekang, tetapi juga harus bertanggung jawab.
Mencintai seseorang adalah mampu mencintai saat cobaan waktu menghadang. Usia paling rawan dalam berhubungan adalah 5 tahun. Ini adalah di mana kita hampir terbiasa dengan hubungan kita, kita harus tetap menghidupkan kembali api cinta kita, agar tidak terkikis oleh waktu.
Mencintai seseorang berarti mampu bertahan saat pasangan kita sedang tidak ada di sisi kita, inilah ujian kesetiaan yang sesungguhnya.
Jadi terimalah pasangan anda apa adanya, kadang kita berpikir bahwa rumput tetangga lebih hijau, tapi ini merupakan pikiran yang konyol, karena setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan. Sadari kekurangan pasangan kita, tetapi fokuslah pada kelebihan pasangan kita, maka kita akan terus bersyukur karena kita dapat memiliki pasangan kita.
==========hanny============

Download gratis artikel ini klik di sini...

Senin, 23 Maret 2009

Mengapa?


Mengapa?

Di jalan aku melihat seorang gadis kecil kedinginan dan menggigil dalam pakaiannya yang tipis,
dengan sedikit berharap akan makanan yang cukup.
Aku marah dan berkata kepada Tuhan :
'Mengapa Kau mengijinkan hal seperti ini?
'Mengapa Kau tidak melakukan sesuatu?'
Untuk beberapa saat Allah diam.
Namun malam itu, tiba-tiba Dia menjawab :
'Aku pasti melakukan sesuatu.'
Aku menciptakan engkau."

++dari berbagai sumber++

Love you mom


Love you mom

Ketika ibu saya berkunjung, ia mengajak saya untuk berbelanja bersamanya karena dia membutuhkan sebuah gaun yang baru. Saya sebenarnya tidak suka pergi berbelanja bersama dengan orang lain, dan saya bukanlah orang yang sabar, tetapi walaupun demikian kami berangkat juga ke pusat perbelanjaan tersebut.

Kami mengunjungi setiap toko yang menyediakan gaun wanita, dan ibu saya mencoba gaun demi gaun dan mengembalikan semuanya. Seiring waktu yang berlalu, saya mulai lelah dan ibu saya mulai frustasi. Akhirnya pada toko terakhir yang kami kunjungi, ibu saya mencoba satu stel gaun biru yang cantik terdiri dari tiga helai. Pada blusnya terdapat sejenis tali di bagian tepi lehernya, dan karena ketidaksabaran saya, maka untuk kali ini saya ikut masuk dan berdiri bersama ibu saya dalam ruang ganti pakaian, saya melihat bagaimana ia mencoba pakaian tersebut, dan dengan susah mencoba untuk mengikat talinya.

Ternyata tangan-tangannya sudah mulai dilumpuhkan oleh penyakit radang sendi dan sebab itu dia tidak dapat melakukannya, seketika ketidaksabaran saya digantikan oleh suatu rasa kasihan yang dalam kepadanya.
Saya berbalik pergi dan mencoba menyembunyikan airmata yang keluar tanpa saya sadari. Setelah saya mendapatkan ketenangan lagi, saya kembali masuk ke kamar ganti untuk mengikatkan tali gaun tersebut. Pakaian ini begitu indah, dan dia membelinya.

Perjalanan belanja kami telah berakhir, tetapi kejadian tersebut terukir dan tidak dapat terlupakan dari ingatan saya. Sepanjang sisa hari itu, pikiran saya tetap saja kembali pada saat berada di dalam ruang ganti pakaian tersebut dan terbayang tangan ibu saya yang sedang berusaha mengikat tali blusnya.
Kedua tangan yang penuh dengan kasih, yang pernah menyuapi saya, memandikan saya, memakaikan baju, membelai dan memeluk saya, dan terlebih dari semuanya, berdoa untuk saya, sekarang tangan itu telah menyentuh hati saya dengan cara yang paling membekas dalam hati saya.

Kemudian pada sore harinya, saya pergi ke kamar ibu saya, mengambil tangannya, menciumnya ... dan yang membuatnya terkejut, memberitahukannya bahwa bagi saya kedua tangan tersebut adalah tangan yang paling indah didunia ini. Saya sangat bersyukur bahwa Tuhan telah membuat saya dapat melihat dengan mata baru, betapa bernilai dan berharganya kasih sayang yang penuh pengorbanan dari seorang ibu.
Saya hanya dapat berdoa bahwa suatu hari kelak tangan saya dan hati saya akan memiliki keindahannya tersendiri..

Dunia ini memiliki banyak keajaiban, segala ciptaan Tuhan yang begitu agung, tetapi tak satu pun yang dapat menandingi keindahan tangan Ibu...

With Love to All Mother

--dari berbagai sumber--



==dari berbagai sumber==

Download gratis artikel ini klik di sini...

hannysuzuki.com