Selasa, 27 Oktober 2009

Tips Menghilangkan Grogi Saat Bertanding


Grogi atau nerveous pasti dimiliki oleh setiap atlet, baik atlet pemula maupun yang udah professional sekalipun…Bahkan pelatih, official, manager pun juga merasakan hal yang sama…Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Sebelum dijawab, saya ingin yakinkan kalau bukan hanya kamu aja yang grogi, tapi lawan kamu juga sama groginya dengan kamu…Jadi hal pertama yang kamu lakukan adalah percaya diri…Percaya diri kalau latihanmu selama ini benar-benar serius alias kamu emang benar-benar siap dalam pertandingan tersebut…

Kedua, minta doa restu dari orang tua, teman setim, dan pelatih kamu…Curhatlah dengan coachmu sebelum memasuki matras arena…ngobrol akan menurunkan kadar grogimu…

Ketiga…belajar untuk mengalahkan rasa takutmu (grogimu) bukan menghilangkan rasa takut tersebut loh…Karena rasa takut adalah anugerah dari Tuhan…Rasa takut jika dimanfaatkan akan menjadi semangat tersendiri untuk menjadi yang terbaik…Coba tebak siapa manusia yang tidak punya rasa takut? Yak benar…orang gila…hanya orang gila yang gak punya rasa takut…

Sebelum melaksanakan ketiga hal di atas…Berdoalah pada Yang Maha Kuasa…itu yang terpenting…

Dan jangan pernah bernafsu untuk mengalahkan orang lain…

Kalahkan dirimu sendiri…dan Atasi rasa takutmu…

Salam Taekwondoin

=hanny=

Minggu, 25 Oktober 2009

Award Dari Sobat...^_^


Trimakasih banget mas dhalboet da sabirinnet buat awardnya...moga kita para blogger bisa terus menjalin silahturahmi bersama...
dan sebagai bentuk rasa syukur maka award ni juga kepada:
denegman hellboy
pilihansempurna.com
budiboy

Selasa, 20 Oktober 2009

Hormati Pelatihmu…


Taekwondoin angkatan lama pasti tau beda taekwondoin sekarang dan dulu…Bedanya adalah taekwondoin jaman sekarang kurang bias menghormati senior atau pelatihnya, baik dalam sikap dan tutur kata pada pelatih. Sangat disayangkan memang…Padahal kalau mau dicermati bahwa siapa yang menabur pasti akan menuai…Semisal saat kita menjadi murid, kita terbiasa kurang ajar pada pelatih kita, maka suatu saat ketika kita menjadi pelatih, kita juga akan dikurangajarin sama murid kita…Jadi sebisa kita untuk tetap menghormati senior atau pelatih kita…Pelatih pasti mempunyai kekurangan, tetapi jangan sampai kekurangan tersebut membuat kita tidak respect pada pelatih kita…

Ingat hukum tabur tuai…

O ya ini juga bisa kita terapkan pada kedua orang tua kita juga lho…

Jadi intinya jika kamu mau dihormati, hormati dulu orang lain…

Salam Taekwondoin…

=hanny=

Sabtu, 10 Oktober 2009

Latih Kaki Kirimu….


Hummmp kalau dilihat-lihat memang banyak taekwondoin yang bisanya nendang pakai kaki kanan aja…Padahal kaki kiri juga harus dilatih lo…biar tendangan kita lengkap…gak cuma kanan aja yang mantap…gimana cara nglatihnya? Ya tiap latihan fokuskan pada kaki kiri…misalnya nendang kanan 10 kali, maka pas kiri harus 15 atau 20…agar seimbang….

Tapi itu gak akan cukup kalau kita hanya latian di dojang aja..padahal latihan di dojang hanya rata-rata seminggu sekali….Tambah porsi latihannya di rumah…oke…

Salam Taekwondoin

=hanny=

Selasa, 06 Oktober 2009

Kita Butuh Terobosan Baru…


Melihat menurunnya prestasi para atlet Taekwondoin baik dalam event dalam maupun luar negeri, harus membuat kita semakin waspada..Kita harus berusaha untuk membangun lagi semangat juara kita..Penurunan prestasi merupakan masalah yang kompleks..

Atlet tidak bisa berdiri sendiri tanpa pelatih atau timnya…Keduanya merupakan factor kunci dalam pembinaan prestasi..

Solusinya menurut saya adalah:
1. Perbanyak event kejurda…Banyaknya event membuat feeling atlet bertambah tajam…dan tim atau pelatih pun semakin peka terhadap atlet yang dibinanya.

2. Perbaiki kualitas kejurda…Setiap keringat yang keluar dari para atlet atau pelatih wajib dihargai…Usahakan agar selalu memberikan uang pembinaan pada mereka…agar mereka tetap bersemangat…

3. Tiap Kejurnas, panitia harus berusaha mendatangkan atlet dari luar negeri…hal ini untuk mengukur kemampuan para atlet local, sekaligus pembiasaan bertanding dengan atlet impor..

4. Hindarkan sikap mementingkan golongan sendiri…pikirkan tentang prestasi bangsa…seleksilah dengan bijak, atlet yang berkualitas untuk membawa nama bangsa…

Masih banyak lagi sebenarnya…

Tapi yang terpenting…Prestasi Taekwondoin harus naik…Salam Taekwondoin…

=hanny=

Agen Allianz di Yogyakarta

hannysuzuki.com